Sambang Lihum

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BLUD RSJ SAMBANG LIHUM

Melayani Dengan Penuh Kepedulian

Sambang Lihum

MOBILE CLINIC GOES TO CITY

PELAYANAN INOVASI RSJ SAMBANG LIHUM _MOBILE CLINIC GOES TO BANJARBARU (RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HARI JADI PROV.KALSEL KE-73 DAN HUT RI KE-78)

Dalam rangka pengembangan layanan kepada masyarakat, dan sebagai salah satu kegiatan RSJ Sambang Lihum dalam memeriahkan Hari Jadi Prov. Kalsel Ke-73 dan HUT RI Ke-78, RSJ Sambang Lihum menghadirkan pelayanan Deteksi Dini Pertumbuhan Anak dan Intervensi Dini Penyimpangan Pertumbuhan Anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Agustus 2023 di halaman Disdukcapil dan KB Provinsi Kalimantan Selatan di Jl. Basuki Rahmat No. 01, samping lapangan Murjani Banjarbaru.


Sasaran pada kegiatan ini adalah anak dengan rentang usia 1 s.d 4 tahun, yang merupakan usia perkembangan lebih pesat secara fisik, emosional, dan kognitif serta keterampilan motorik. Memantau tumbuh kembang anak sangat penting dirasakan bagi orangtua sehingga, antusiasme masyarakat terhadap layanan mobile clinic sangat baik, dengan jumlah kunjungan yang mendapatkan pelayanan sebesar 120 anak.

Layanan mobile clinic yang diberikan adalah deteksi dini dengan KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan), pengukuran BB dan TB, konseling gizi, pemeriksaan gigi, konseling psikologi dan konseling psikiater, yang diberikan secara gratis kepada masyarakat yang berkunjung. Stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang dilakukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya.

Pengembangan layanan ini merupakan bentuk kepedulian dan bakti RSJ Sambang Lihum kepada masyarakat secara langsung. Sekaligus kegiatan promotif dan preventif tentang pelayanan terpadu, yang tidak hanya mampu melayani Kesehatan jiwa, namun juga mampu memberikan layanan Kesehatan non jiwa.

Sambang Lihum JUJUR..
Integritas BISA..
Akreditasi PARIPURNA..