Sambang Lihum

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BLUD RSJ SAMBANG LIHUM

Melayani Dengan Penuh Kepedulian

Sambang Lihum

SAMBANG LIHUM SIAGA BENCANA KEBAKARAN

Latihan Pengaktifan Code Blue Rumah Sakit

RSJ Sambang Lihum mengadakan Inhouse Training Penanggulangan Bencana & Sistem Evakuasi bagi karyawan terpilih di Gedung Diklat RS, Gambut, Kab Banjar, sebagai rangkaian program Akreditasi Paripurna rumah sakit.

Ketua panitia, Arif Joko Wuryanto, ST, sekaligus Ketua Pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) Akreditasi RSJ Sambang Lihum, atau disapa Joko, mengatakan bahwa Inhouse Training ini dilakukan selama dua hari, 5-6 Desember 2017, yang terdiri dari penyampaian materi dan praktek simulasi evakuasi kebakaran.

“Inhouse Training bertujuan mengedukasi karyawan untuk siap siaga dalam menghadapi bencana kebakaran sehingga dapat meminimalisir dampaknya bagi pasien, pengunjung dan karyawan rumah sakit,” kata Joko.

“Keselamatan pasien menjadi prioritas nomor satu bagi rumah sakit,” tegas Joko lagi.

Salah satu narasumber, Murjani, S.Sos, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar, juga menegaskan bahwa tujuan training penanggulangan bencana kebakaran agar rumah sakit tahu siapa berbuat apa pada saat kejadian bencana.

“Kita akan simulasi Kode Biru rumah sakit dimana karyawan akan dilatih untuk evakuasi pasien, alat medik dan dokumen agar operasional rumah sakit dapat berjalan normal kembali” terang Murjani.

“Simulasi akan dikondisikan menyerupai kejadian bencana kebakaran sesungguhnya sehingga karyawan memiliki pengetahuan dan pengalaman apa yang seharusnya mereka lakukan,” terang Murjani lagi.

Inhouse Training Penanggulangan Bencana & Sistem Evakuasi ini dilakukan berdasarkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1, Standar MFK 11.1. yang berbunyi “Staf dilatih dan diberi pengetahuan peranan mereka dalam program rumah sakit untuk proteksi kebakaran, keamanan dan penanggulangan bencana” dan sejalan dengan standar MFK lain yaitu Standar MFK 6.1 tentang Penanggulangan Bencana dan Standar MFK 7.1 tentang Proteksi Kebakaran.

Joko mengatakan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien, pengunjung dan karyawan di rumah sakit maka RSJ Sambang Lihum kedepannya akan membentuk Komite MFK yang bertanggung jawab terhadap program kerja, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi prosedur penanggulangan bencana di rumah sakit.

Selain itu, RSJ Sambang Lihum juga melakukan upaya pencegahan bekerja sama dengan UPT Pemadam Kebakaran Kabuaten Banjar berupa pelatihan SDM, pengerahan pemadam swasta sekitar daerah Gambut di musim kemarau, kegiatan pemeliharaan preventif pada instalasi listrik rumah sakit, serta jika diperlukan, penggalian lahan gambut.

Untuk bantuan personil dan peralatan penanggulangan bencana kebakaran, tersedia layanan 24 jam oleh Pos Damkar daerah Gambut dengan menghubungi nomor telepon (0511) 4723113.