Sambang Lihum

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BLUD RSJ SAMBANG LIHUM

Melayani Dengan Penuh Kepedulian

Sambang Lihum

PELAYANAN

JENIS PELAYANAN KESEHATAN

  1. Pelayanan Kegawatdaruratan dan Intensif
  2. Rawat Jalan Jiwa
  3. Rawat Jalan Napza
  4. Rawat Jalan Anak Remaja Bermasalah/Berkebutuhan Khusus
  5. Rawat Jalan Gigi dan Mulut
  6. Rawat Jalan Penyakit Dalam
  7. Rawat Jalan Penyakit Anak
  8. Rawat Jalan Penyakit Saraf
  9. Rawat Inap Jiwa
  10. Rawat Inap Napza
  11. Pemeriksaan visum psikiatri
  12. Pemeriksaan psikologi
  13. Pelayanan Fisioterapi
  14. Pemeriksaan Kesehatan Jasmani
  15. Pemeriksaan Kesehatan Jiwa
  16. Pemeriksaan Bebas Napza
  17. Pemeriksaan Laboratorium
  18. Konsultasi Gizi

JENIS PELAYANAN KESEHATAN

1. Pelayanan Kegawatdaruratan dan Intensif

 Penyelamatan pasien , Penyelamatan Pasien yang siap siaga selalu terlihat di RSJ Sambang Lihum. itu tertuang pada nilai RSJ Sambang Lihum yaitu bertanggung jawab sebagaimana

Karyawan Bertanggung jawab penuh terhadap tindakan yang dilakukannya dan rasa kepedulian yang penuh terhadap tindakan yang dilakukannya dan rasa kepedulian yang penuh terhadap kemanusiaan dalam melakukan proses pelayanan yang profesional.

2. Rawat Inap Jiwa

 RSJ Sambang Lihum menyediakan fasilitas rawat inap sebanyak 175 TT bagi penderita gangguan jiwa dengan memisahkan antara :

– Pasien jiwa dewasa, lansia, dan anak remaja

– Pasien jiwa pria dan wanita 
– Pasien akut dan pasien tenang

Ruangan perawatan telah dilengkapi dengan fasilitas rawat inap yang memadai untuk memberikan keamanan dan kenyamanan sehingga secara psikologis dapat mempercepat proses penyembuhan pasien

3. Rawat Jalan Jiwa

Pemeriksaan Fisik dilakukan agar para petugas dapat membaca bagaimana kondisi pasien/klien saat datanag untuk periksa.hal ini dilakukan sebelum masuk ke tahap pemeriksaan selanjutnya yaitu ke tahap anamnesa dokter psikiater. poli rawat jalan Jiwa Merupakan serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan untuk menilai kondisi kesehatan jiwa seseorang melalui:

  • Pemeriksaan MMPI
  • Wawancara Klinis dan kemudian Anamnesa

4. Kesehatan Jiwa Anak & Remaja Berkebutuhan Khusus

Pelayanan kesehatan jiwa anak remaja berkebutuhan khusus adalah pelayanan satu atap untukrawat jalan anak dan remaja yang mengalami masalah gangguan jiwa, dimana penanganan medik dan penunjang medik, 

Pelayanan anak remaja berkebutuhan khusus secara terpadu dan kolaboratif merupakan upaya terobosan yang dilakukan oleh RSJ Sambang Sambang Lihum sejak tahun 2016 guna mewujudkan kenyamanan pelayanan kepada anak dan orang tua. tujuan pelayanan kami yaitu membantu anak dan remaja untuk dapat mengoptimalkan kemampuan atau bakat yang mengoptimalkan kemampuan atau bakat yang di milikinya serta menyiapkan anak dan remaja yang mengalami masalah kesehatan jiwa untuk menghadapai kehidupan nyata secara mandiri

 

5. Rawat Jalan Gigi dan Mulut

 Untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang paripurna, RSJ sambang lihum juga menyediakan pelayanan kesehatan dasar fisik termasuk  kesehatan gigi dan mulut bagi pasien rawat inap dan rawat jalan, pasien umum serta karyawan. Klinik gigi dan mulut di dukung oleh dokter gigi dan perawat gigi yang berpengalaman dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat dan terjangkau. jenis pemeriksaan yang bisa ditangani.

6. Neurorestorasi dan Klinik Nyeri

Klinik saraf RSJ Sambang Lihum memberikan solusi terkait permasalahan neurologi  mengenai cara penanganan, pencegahan, diagnosa, pengobatan dan rehabilitasi gangguan saraf dan pasca saraf . Semua tindakan tersebut ditangani oleh tim dokter dan tim medik yang berkompeten. Pelayanan saraf didukung dengan alat penunjang medik bertehnologi canggih diantaranya:

1) USG

2)EEG

3)MRI

7. Rawat Jalan Penyakit Dalam

Klinik Penyakit Dalam memberikan Pelayanan penanganan maslah kesehatan organ dalam tanpa bedah dari penyakit kronis. ditangani oleh dokter ahlli penyakit dalam yang profesional dan berpengalaman di bidangnya serta ditunjangan dengan fasilitas yang memadai seusai dengan kebutuhan pasien.

8. Pemeriksaan Laboratorium

Pelayanan laboratorium RSJ Sambang Lihum terbuka bagi pasien rawat inap, rawat jalan, gawat darurat dan pasien umum, yang terbagi menjadi dua tempat:

1. Laboratorium Poliklinik, melayanai sesuai hari dan jam pelayanan poliklinik

2. Laboratorium IGD Umum, melayani setiap hari 24 Jam.

 9. Pelayanan Fisioterapi

 Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi.

Pendekatan fisioterapi di RSJ Sambang Lihum bersifat menyeluruh, disamping melakukan manajemen pada kecacatan tertentu, juga memberikan saran untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

10. PEMERIKSAAN PSIKOLOGI

Psikometri
Layanan ini dilakukan untuk mengukur IQ, EQ, SQ,
perilaku, kepribadian, motivasi belajar, kepercayaan
diri, melalui:
* Konseling
* Tes bakat, minat dan  penjurusan
* Evaluasi kepribadian
* Tes kecerdasan
* Visum psikologi

11. REHABILITASI PSIKOSOSIAL

 Rehabilitasi Psikososial adalah pelayanan pemulihan kesehatan mental pasien agar kualitas hidup dan kemandirian pasien dapat ditingkatkan.

Alur pelayanan di ruang Rehabilitasi Mental :

1) Dokter ruangan merujuk pasien instalasi Rehabilitasi Mental

2) Pasien diantar petugas ruangan dalam kondisi tenang

3) Sosialisasi program oleh petugas Rehabilitasi Mental

4) Seleksi oleh tim seleksi

5) Pelaksanaan terapi oleh petugas Rehabilitasi Mental.

SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 INI ADA BEBERAPA LAYANAN YANG DITUTUP SEMENTARA YAITU :

1. Rawat Jalan Anak Remaja Bermasalah/Berkebutuhan Khusus
2. Rawat Jalan Gigi dan Mulut
3. Rawat Jalan Penyakit Anak

SELANJUTNYA AKAN ADA PEMBERITAHUAN APABILA LAYANAN TERSEBUT DI ATAS AKAN DI BUKA KEMBALI

LAYANAN 24 JAM

  1. IGD
  2. LABORATORIUM
  3. FARMASI
  4. PEMULASARAN JENAZAH
  5. AMBULANCE

 

 

 

IT-04-03-21